Friday 6 November 2015

Profile Skadron Udara 3 Tempur

TNI AU mempunyai Skadron Udara 3 Tempur disingkat (Skadud 3) adalah Satuan Tempur Buru Sergap dibawah kendali Wing Udara 3 Tempur, Lanud Iswahyudi yang bermarkas di Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Skadron Udara 3, dahulu mengoperasikan pesawat P-51D Mustang (1950 - 1975), OV-10F Bronco (1976 - 1989) dan sekarang menggoperasikan pesawat tempur buru sergap andalan TNI Angkatan Udara F-16 Fighting Falcon A/B (1989 - Sekarang).

Skadron Udara 3 Tempur (Skadud 3) F-16A/B dibentuk bersamaan dengan program pengadaan pesawat F-16A/B melalui program "Peace Bima Sena" yang diikuti dengan pengiriman 67 personel teknisi pesawat terbang dan empat penerbang ke Amerika Serikat untuk melaksanakan pelatihan pengoperasian dan perawatan pesawat F-16. Dua pesawat F-16 pertama mendarat di Runway Lanud Iswahyudi pada tanggal 5 Desember 1989 setelah melalui perjalanan panjang dan melelahkan pabrik pembuatnya di Forth Worth, Dallas.

Jumlah pesawat F-16A/B blok 15 Operational Capabilities Upgrade (OCU) yang di miliki oleh TNI AU adalah 12 pesawat. Konversi penerbang pertama dibuka lima bulan kemudian pada bulan April 1990 dan hingga tahun 1999, Skadud 3 telah mencetak 31 penerbang F-16.

Skadud 3 ikut andil dalam berbagai operasi pertahanan udara, latihan tingkat komando operasi, latihan tingkat angkatan, latihan gabungan dan latihan bersama.


Skadud 3 Sering melakukan Latihan bersama yang pernah dilaksanakan adalah Elang Thainesia, Elang Ausindo Cope West dan Elang Indopura serta kunjungan ke negara sahabat seperti Thailand dan Singapura. Program "Peace Bima Sena II" selain pengadaan 24 pesawat F-16 C/D Blok 52ID,[2] kontrak kerja sama juga meliputi pengadaan spare parts, ground support equoment, training, JMPS (Joint Mission Planning System), RIAIS (Rackmount Improve vionic Intermediate System), AME (Alternate Mission Equipment) dan PMEL (Precesion Measurement Equipment Laboratory). Dari jumlah itu, pesawat ini akan dibagi, 16 unit di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Noerjadin dan 8 unit di Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Profile Skadron Udara 3 Tempur
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.