Friday 16 October 2015

Indonesia Beli kapal selam amur class


Pemerintah Indonesia mengatakan akan membeli satu skuadron SukhoiSu–35 untuk menggantikan  F–5 Tiger buatan AS yang sudah usang. Jakarta juga berencana untuk membeli 5 kapal selam Rusia,Untuk memperkuat TNI AL .

Awalnya Indonesia mengincar untuk membeli kapal selam diesel electric Kilo class, tetapi kemudian memilih yang lebih canggih yakni kapal selam  Amur class, yang merupakan versi ekspor dari Lada–class.

Kami tetapkan dari Rusia, karena dari segi harga terjangkau dan kehandalan teknologinya telah teruji," kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Slamet Soebijanto

Dipilihnya Rusia, lanjut dia, karena bekas negara adidaya itu telah lama membangun industri kapal selam dan telah teruji kehandalanya. Selain itu, menindaklanjuti keputusan politik negara untuk tidak tergantung pada negara-negara barat untuk menghindari embargo.

Rencananya Kapal selam Kilo Class akan dilengkapi rudal Yakhont dan senjata antiranjau, sedangkan Amur Class akan dilengkapi dengan enam torpedo 533 mm, antipeluru kendali 3M-54E-1 dan antiranjau.

Menurut analis industri, Indonesia juga sedang mencari sistem rudal anti pesawat jarak menengah.  Negara ini sudah memiliki sejumlah jet tempur Sukhoi, Helikopter Mi–17 dan Mi–35, kendaraan tempuramfibi BMP–3 , satu BTR–80 APC  dan senapan Kalashnikov AK–101 dan AK–102.

Dan Rusia siap meminjamkan Indonesia dana $ 3 miliar untuk pembelian tersebut.

Bagikan

Jangan lewatkan

Indonesia Beli kapal selam amur class
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
27 October 2015 at 07:09

Meskipun dibeli dari Rusia, tetapi tetap memperhitungkan faktor Yen.
Yen ono duite,
Yen Presidene setuju,
Yen Ora dijegal DPR.

Reply