Saturday 24 October 2015

Kendaraan tempur milik Kopassus

Untuk Indonesia Bushmaster telah siap dioperasikan Satuan Penanggulangan Teror Kopassus.
Karna  dinilai lebih efektif dan efisien dalam menjalan kan misi khusus teroris.

Bagi para penumpangnya dn prajurit yg pnh merasakan naik Bushmaster, semuanya akan mengungkapkan satu kata yg sama: nyaman. Dimulai dengan ukuran headroom yg mencapai 1.415mm, org yg tinggi pun tdk harus menundukkan kepala saat duduk di kabin Bushmaster.

Tiap prajurit duduk dlm kursi individual yg disusun berhadap-hadapan buatan Stratos. Bucket seat berwarna hitam ini terbuat dari thermoplastic dan tdk menempel ke permukaan dek kendaraan, sehingga saat ranjau meledak, impaknya tidak akn ditransfer seluruhnya ke tubuh penumpangnya.

Ini adalah faktor krusial mencegah cedera parah penumpang kendaraan tipe MRAP. Di bagian bwh setiap kursi biasanya ditambahkan kantung kanvas untuk menyimpan cad amunisi, peralatan medis, atau kotak peluru. Di antara kursi disediakan rak-rak utk menggantungkan senapan serbu F88 Austeyr atau F89 Minimi.

Di antara puluhan MRAP yg ditawarkan berbagai pabrikan, Bushmaster memiliki kemampuan utk digelar dg pesawat taktis sekelas C-130H Hercules, yg menjadi tulang punggung dari berbagai Angkatan Udara di dunia, termasuk Indonesia.

Ini tentunya merupakan satu keunggulan desain, dmn penggelarannya hanya membutuhkan dukungan logistik secukupnya, dn mampu digelar ke berbagai titik dlm waktu singkat. Begitu kompaknya Bushmaster, helikopter gambot Rusia Mi-26 bahkan mampu menampung MRAP Australia ini di perutnya, yg dibuktikan dlm operasi Slipper di Tarin Kowt, Afghanistan pada bulan Maret tahun 2010.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kendaraan tempur milik Kopassus
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.